BELITUNG MANGROVE PARK

Hutan Kemasyarakatan Seberang Bersatu.

BMP


Belitung Mangrove Park (BMP) adalah salah satu destinasi wisata baru di pesisir Pulau Belitung, yang menawarkan konsep ekowisata berbasis ekosistem mangrove diatas lahan yang terdiri dari daratan dan perairan, dengan luas area kurang lebih 52,02 Ha. BMP didirikan oleh Hutan Kemasyarakatan (HKm) Seberang Bersatu, bekerja sama dengan Yayasan Terumbu Karang Indonesia (TERANGI) dengan memanfaatkan dana hibah dari ICCTF dalam kategori program mitigasi perubahan iklim. BMP menjadi Taman Wisata Mangrove yang menyediakan beragam atraksi dengan mengedepankan nilai-nilai edukasi, konservasi dan wisata.

BMP berdiri diatas lahan bekas tambang timah yang dimanfaatkan menjadi sebuah kawasan wisata berbasis ekosistem mangrove, serta sebagai kawasan yang dimanfaatkan untuk upaya rehabilitasi ekosistem dan sekuentrasi karbon. Kawasan wisata BMP juga dikembangkan sebagai upaya mengurangi dampak perubahan iklim kepada ekosistem dan masyarakat yang ada di daerah pesisir.


Pengembangan BMP bertujuan untuk mengurangi dampak perubahan iklim melalui kegiatan ekowisata yang ramah lingkungan. Tersedia beragam atraksi yang tidak hanya menawarkan keindahan alam yang eksotis, tapi juga menjadi sarana bagi pengunjung untuk mengeksplorasi pengetahuan tentang ekosistem mangrove.

Fasilitas yang terdapat di dalam Kawasan Wisata BMP yaitu:
- Jalur Trek Mangrove
- Menara Pengamatan
- Kapal Susur Sungai
- Kano
- Tambak
- Teras Mancing
- Pusat Informasi Wisata
- Rumah Edukasi
- Rumah Makan
- Rumah Singgah
- Dermaga Sunset

Aktivitas :
Lingkup kegiatan di BMP yaitu trekking mangrove, pengamatan mangrove, pengamatan burung, susur sungai, penanaman mangrove, dan lain-lain yang berkenaan dengan peningkatan pemahaman, keterampilan dan kelestarian alam.

Jam Operasional
Weekday : 090:0 - 18:00 WIB
Weekend : 08:00 - 19:00 WIB
Note : Pintu gerbang masuk BMP ditutup 1 jam sebelum jam operasional berakhir