SEJARAH


HKm Seberang Bersatu adalah salah satu kelompok Hutan Kemasyarakatan (HKm) yang berada di Belitung. HKm Seberang Bersatu diberikan kepercayaan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutan (KLHK) untuk mengelola kawasan hutan mangrove, hutan pantai dan bekas lahan pertambangan timah yang berada di Desa Juru Seberang, Kabupaten Belitung. Pembentukan Hutan Kemasyarakatan (HKm) Seberang Bersatu bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya yang berada di Desa Juru Seberang, melalui pemanfaatan sumber daya hutan secara optimal, adil dan berkelanjutan dengan tetap menjaga kelestarian fungsi hutan dan lingkungan hidup. Pengelolaan HKm Seberang Bersatu dilakukan oleh masyarakat Desa Juru Seberang dan sekitarnnya dengan jumlah anggota kurang lebih sebanyak 114 orang.

Visi : menciptakan lokasi ekowisata melalui pelestarian lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat guna percepatan dan kepastian investasi.
Misi :
1. Memberdayakan peran serta masyarakat dalam pengembangan kepariwisataan dan pelestarian lingkungan.
2. Mengembangakan kawasan wisata yang berwawasan lingkungan bertumpu pada budaya dan kearifan lokal yang bernilai artistik tinggi dan berdaya saing global
3. Mengoptimalkan pengelolaan dan pengembangan sumber daya kepariwisataan sebagai wahana pemberdayaan ekonomi rakyat guna menciptakan kesempatan berusaha dan lapangan kerja sekaligus mempercepat dan membuka peluang investasi.